Fitur login ini merupakan fasilitas website yang digunakan untuk partner kami, baik dokter maupun pasien untuk mengakses informasi tertentu.
Username
Password
Kriteria

Article Details

Rasa Sakit TImbul Akibat Tambalan Gigi Lepas
Perlu diketahui bahwa gigi berlubang muncul ketika bakteri di dalam mulut memproduksi zat asam untuk mencerna makanan, bergabung dengan sisa makanan dan air liur, sehingga membentuk plak di gigi. Jika tidak segera ditangani, plak yang terbentuk akan merusak gigi dan membentuk lubang pada gigi.
Tambal gigi merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengisi gigi yang berlubang akibat pembentukan plak di gigi. Prosedur ini terbilang cukup umum dilakukan. Metode penambalan dan bahan tambalan yang akan digunakan pun bisa dipilih sendiri.

Saat seseorang mengalami tambalan gigi yang retak atau lepas, tentu rasa sakit dapat dirasakan. Terlebih lagi jika lubang gigi sudah mencapai saraf, bukan tidak mungkin perasaan nyeri dapat dirasakan akibat makanan yang tersangkut atau kuman yang berdiam di tempat tersebut. Maka dari itu, penting untuk menjaga tambalan tidak terlepas agar tidak menimbulkan masalah lainnya.
Selain tambalan yang terlepas, ada beberapa risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat prosedur tambal gigi sehingga menimbulkan rasa sakit. Apa saja hal tersebut?
  • Nyeri ketika menggigit, bersinggungan dengan gigi lain, nyeri yang menyerupai sakit gigi, dan nyeri di bagian gigi lain atau berlawanan
  • Gigi sensitif, terhadap tekanan, udara, makanan manis, atau suhu. Kondisi ini umumnya akan hilang dalam beberapa minggu. Namun, jika sensitivitas tidak berkurang dalam 2–4 minggu atau gigi terasa sangat sensitif, segera hubungi dokter
  • Peradangan pada pulpa gigi (pulpitis)
  • Infeksi, pada pulpa gigi atau jaringan gusi di sekitarnya
  • Reaksi alergi terhadap bahan tambalan. Kondisi ini merupakan kasus yang jarang terjadi
Maka dari itu, jika kamu merasakan sakit secara tiba-tiba pada gigi, terutama bagian yang ditambal, ada baiknya memeriksakan diri di rumah sakit terdekat.
Tips Merawat Gigi Setelah Ditambal
Setelah prosedur tambal gigi selesai, dokter biasanya akan memberi saran perawatan tambalan gigi, guna mencegah pembusukan pada gigi yang ditambal atau risiko komplikasi lainnya. Secara umum, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan setelah tambal gigi, yaitu:
  • Menjalani pola makan sehat dengan nutrisi seimbang.
  • Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride secara rutin, minimal dua kali sehari.
  • Membersihkan celah gigi secara rutin dengan menggunakan benang gigi (dental floss).
  • Memeriksakan gigi secara rutin di dokter gigi
Contact Us
CV. Asia Afrika Dental
Jl. Asia Afrika 157 - 159, Bandung 40112
West Java - Indonesia
Tel. +62 22 4204990 ( 3 lines ), 4238529
Fax. +62 22 4239808
Total Visitors : Free Counter
Copyright © asia afrika dental 2010 - 2021. developed by AAD Team