Fitur login ini merupakan fasilitas website yang digunakan untuk partner kami, baik dokter maupun pasien untuk mengakses informasi tertentu.
Username
Password
Kriteria

Article Details

Benarkah Garam Dapat Menyembuhkan Sakit Gigi? Berikut Manfaat Berkumur Dengan Air Garam
Setiap orang pasti menyimpan natrium klorida alias garam di dapur rumahnya. Peran butiran putih ini untuk menyedapkan masakan tak perlu diragukan lagi. Namun, garam punya banyak manfaat selain menjadi “senjata” di dapur.
Zaman peradaban dulu memang belum mengenal sikat dan pasta gigi. Larutan air asin sudah digunakan untuk berkumur sejak 5.000 tahun Sebelum Masehi oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno. Larutan air garam sudah lama dikenal berkhasiat untuk mengatasi masalah pada gigi dan mulut.
Berikut adalah beberapa manfaat berkumur dengan air garam untuk kesehatan gigi dan mulut :
  • Meredakan sakit gigi.
  • Mengatasi radang tenggorokan.
  • Melegakan hidung tersumbat.
  • Mengusir bau mulut.
  • Meringankan sakit gusi.
  • Mengatasi masalah lidah.
Cara menggunakan air garam untuk berkumur
Ada beberapa cara membuat atau meracik air garam yang asin untuk berkumur. Namun, kamu dapat menggunakan satu resep yang paling mudah, yaitu:
  • Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat (250 ml). Kurangi jadi 3/4 sdt saja jika untuk mengatasi luka bakar di lidah. Gunakan garam murni yang tanpa campuran MSG atau bumbu penyedap lainnya.
  • Kumur ke segala bagian mulut dan tahan di sekitar area yang sakit selama 20-30 detik.
  • Ulangi berkumur sekali lagi, dan tahan 30 detik. Ini akan mengangkat potongan makanan yang menempel di celah gigi dan membunuh bakteri yang menyebabkan plak..
  • Lepehkan air berkumur dan selesaikan dengan menyikat gigi, serta menggunakan benang gigi (flossing.
Berkumur dengan larutan garam sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama atau terlalu sering. Sebab, sifat larutan garam yang basa bisa merusak enamel gigi, sehingga membuat gigi menjadi rapuh dan mudah berlubang. Jadi, berkumurlah dengan larutan garam ini sewajarnya saja ya, yakni berkisar 30 detik setiap habis menyikat gigi sebelum tidur agar kesehatan gigi dan mulut lebih terjaga. Jangan lupa juga untuk selalu periksakan gigimu ke dokter setiap 6 bulan sekali ya




Contact Us
CV. Asia Afrika Dental
Jl. Asia Afrika 157 - 159, Bandung 40112
West Java - Indonesia
Tel. +62 22 4204990 ( 3 lines ), 4238529
Fax. +62 22 4239808
Total Visitors : Free Counter
Copyright © asia afrika dental 2010 - 2021. developed by AAD Team