Jangan Sampai Karang Gigi Numpuk, ya ! Inilah Dampaknya.
Bahaya karang gigi jika dibiarkan menumpuk Meskipun karang gigi tidak secara langsung berbahaya, namun dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan di kemudian hari jika tidak ditangani.
Karang gigi yang enggak dibersihkan bisa menyebabkan masalah kesehatan tidak hanya pada rongga mulut saja, tapi juga kesehatan organ tubuh lainnya. Berikut ini dampak kesehatan yang bisa disebabkan oleh karang gigi:
  1. Menjadi Tempat Bersarangnya Bakteri
  2. Gingivitis atau Radang Gusi
  3. Membuat Gigi Menjadi Rapuh
  4. Memicu Penyakit Jantung dan Stroke
  5. Penyakit periodontitis
  6. Menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi
  7. Bau mulut
  8. Ganggu penampilan
  9. Gigi Tampak Kuning
  10. Periodontitis, merupakan lanjutan dari penyakit gingivitis. Gusi yang turun atau surut bisa jadi salah satu ciri periodontitis. Kondisi ini akan memperlihatkan permukaan akar gigi.
  11. Selain itu, gusi yang turun juga dapat memungkinkan bakteri masuk ke celah antara gigi dan gusi.
  12. Kehilangan Gigi atau Gigi menjadi tanggal
Itulah beberapa akibat karang gigi yang dibiarkan menumpuk. Bila karang gigi sudah terbentuk, hanya dokter gigi yang bisa membersihkannya dengan cara Scalling Gigi. Mengingat ada banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh karang gigi, cara mencegahnya yaitu kamu rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan cara yang tepat. Gunakan juga dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukan juga pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.